Senin, 31 Desember 2012

Cara Trampil untuk Berbicara dengan Orang





Dalam segala hal kita tidak akan pernah lepas dari orang lain, dan komunikasi yang baik adalah hal yang penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Itu sebabnya kita harus menguasai cara trampil untukberbicara dengan orang lain.

Ketika kita berbicara dengan orang, ambilah topik yang menarik bagi mereka untuk dibicarakan. Dan tahukah kita apa topik yang menarik buat mereka ?

DIRI MEREKA !!

Ketika anda berbicara pada mereka tentang diri mereka, mereka akan sangat tertarik dan akan terpesona, mereka akan berpikir baik tentang anda karenakan melakukan hal itu.

Ketikia kita berbicara dengan orang tentang diri mereka, berarti kita telah mengusap mereka dengan benar, karena kita bekerja sesuai dengan kodrat manusia. Tetapi ketika kita berbicara tentang diri kita, berarti kita telah mengusap mereka dengan cara yang salah, karena kita telah bekerja dengan melawan kodrat manusia. (baca Memahami orang dankodrat manusia)
Singkirkan 3 kata ini dari kamus kehidupan kita :

“saya, aku, miliku”

Gantilah tiga kata itu dengan satu kata, kata yang penuh daya pikat yang jarang diucapkan oleh lidah manusia termaksuk kita :

“ANDA”

Misalnya, “ini untuk ANDA” atau “ANDA akan beruntug jika ANDA melakukan hal ini” dll



Singkatnya, jika ANDA mengorbankan kepuasan yang ANDA peroleh dari berbicara tentang DIRI ANDA SENDIRI, dan yang  ANDA oeroleh dari pemakaian kata “saya, aku, milikku”, kecapan kepribadian ANDA, dan pengaruh serta kekuatan ANDA akan meningkat secara luar biasa.

Tak dapat disangkal hal ini sulit untuk dilakukan dan membutuhkan banyak latihan, tetapi imbalan sangat sebanding dengan pengorbanan anda.

Dan cara lain yang baik untuk memanfaatkan ketertarikan orang pada diri mereka semdiri dalam sebuah percakapan adalah memancing mereka untuk berbicara tentang diri mereka sendiri. Anda akan mendapati bahwa orang lebih cendrung membicarakan iri mereka dari topik lain apapun juga. 

Jika anda bisa mengarahkan mereka untuk berbicara tentang diri mereka, mereka akan sangat menykai anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan mengajukan pertanyaan tentang diri mereka.
Seperti : 

“Bagaimana bisnis Anda ?”
“Udah berapa lama ANDA berbisnis seperti ini ?”
“Bagaimana prospek bisnis ANDA ?” Dll.

Jika anda bisa mengarahkan mereka untuk berbicara tentang diri mereka, mereka akan sangat menykai anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan mengajukan pertanyaan tentang diri mereka. Kebanyakan dari kita tidak cakap untuk membuat kita manjadi mengesankan dimata orang lain, karena kita sibuk dengan diri kita, sibuk memikirkan dan berbicara tentang diri kita sendiri, yang perlu diingat adalah bukanlah bagai mana anda menyukai pendapat dan topik anda, tetapi bagaimana pendengan andan menyakai hal itu.

Ketika berbicara dengan orang lain, maka berbicara tentang mereka. Dan pancinglah mereka untuk berbicara tentang mereka.

“Dengan cara ini ANDA akan menjadi seorang yang sangat mengagumkan, ANDA akan menjadi peminpin yang amazing, dan setiap orang akan menyukai ANDA.”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar