Facebook sebagai media promosi sudah kita bahas, sekarang saya ingin membuka 7 rahasia sukses facebook marketing yang saya pelajari dari berbagai literatur di internet
Rahasia #1: Fokus
Ada
ratusan situs jejaring sosial yang saat ini beroperasi di internet. Ada
facebook, twitter,
plurk, koprol, google buzz, dan sebagainya. Masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan
masing-masing.
Dari
banyaknya situs jejaring sosial, bisa menggoda Anda untuk menghabiskan waktu menggunakan terlalu
banyak jejaring sosial dalam upaya pemasaran Anda. Sepertinya akan membuka
peluang yang banyak, namun pada kenyataanya hal ini bisa menjadikan proses
pemasaran kita terganggu.
Mengapa
bisa merusak? Sebab banyak orang yang mulai “kecanduan” dalam menggunakan jejaring sosial
sehingga dia banyak menghabiskan waktu hanya untuk mengurus jejaring sosial. Padahal bisnis bukan hanya
pemasaran, ada
banyak
hal lain yang bisa dilakukan selain hanya mengurusi jejaring sosial saja. Yang kedua, saat kita tidak
fokus, maka kita tidak bisa menyajikan sesuatu yang berkualitas. Kekuatan kita
terbagi.
Oleh
karena itu, Anda harus tetap fokus pada aspek pemasaran dalam keterlibatan sosial Anda.
Anda juga harus membatasi aktivitas jaringan sosial Anda. Pilih 1-2 saja dari
situs jejaring sosial diatas untuk mencegah turunnya
kualitas
pemasaran Anda. Saya
sendiri tidak banyak mengikuti jejaring sosial. Fokus saya di facebook.
Meskipun
saya mengikuti jejaring social yang lain, namun perhatian saya utamakan ke facebook dan
memberikan yang terbaik di facebook. Percuma memiliki akun banyak social network tetapi tidak bisa
memberikan yang terbaik.
Selain
fokus pada jejaring sosial tertentu saja (beberapa boleh), aktivitas kita juga harus fokus pada aktivitas
marketing. Jangan sampai terjebak oleh aktivitas yang tidak bermanfaat seperti
berdebat, main game, dan hanya berchatting ria tanpa membawa manfaat.
Rahasia #2: Kualitas
Rahasia
kedua ialah kualitas dibandingkan kuantitas. Apa saja yang harus diperhatikan masalah
kualitasnya?
Pertama
kiriman yang Anda kirim baik di profil, halaman, maupun group. Jika Anda mengirimkan sesuatu yang
berkualitas maka akan memberikan efek viral. Facebook adalah tempat yang bagus untuk saling berbagi.
Jika seseorang menemukan
sesuatu yang berkualitas mereka akan berbagi, sengaja atau tidak.
Saat
seseorang memberikan komentar atau setidaknya menyukai kiriman kita, dia sebenarnya sudah berbagi
kepada teman-temannya. Teman-temannya akan tahu kalau dia menyukai kiriman kita, kemudian penasaran untuk
melihat. Dan terus seperti
itu sehingga akan terjadi efek viral.
Facebook
juga memiliki fitur berbagi atau share, ini adalah cara berbagi dengan sengaja. Biasanya berupa
tautan atau catatan memiliki fitur untuk berbagi. Misalnya Anda menulis catatan (note) di halaman Anda. Jika
mereka suka, mereka
akan
membagikannya sehingga akan muncul di profil dia. Jika halaman Anda memiliki 1.000 penggemar,
kemudian semuanya berbagi dan rata-rata mereka memiliki 1.000 teman, maka catatan Anda berpotensi muncul
di 1.000.000
pengguna
facebook.
Rahasia #3: Tertarget
Jika
sebelumnya kita sudah membahas fokus pada beberapa jejaring sosial saja dan begitu juga dengan
aktivitas kita. Selain itu kita pun perlu fokus pada target pasar tertentu. Karena
membuat halaman dan group itu gratis, Anda bisa membuat masing-masing untuk satu target. Target berbeda
akan memerlukan perlakuan
yang berbeda pula.
Apa
yang Anda kirimkan dan cara mengirimkannya akan berbeda untuk setiap target. Target remaja tentu
akan berbeda dengan target dewasa. Target pebisnis akan berbeda dengan target
pekerja. Begitu juga target laki-laki akan berbeda dengan target perempuan.
Rahasia#4: Jadilah Bagian Dari Komunitas
Selain
mengurus komunitas yang dibuat sendiri, ada baiknya ada mengikuti berbagai komunitas yang ada
diaktiflah disana. Selain untuk mendapatkan teman, aktif di komunitas juga bisa
berguna untuk mendapatkan kontak bisnis.
Cara
terbaik aktif di komunitas ialah dengan berkontribusi. Anda bisa mengirimkan sesuatu yang
berguna atau menjawab berbagai pertanyaan yang muncul. Dengan cara itu Anda akan menjadi orang yang
dipercaya, mudah akrab, dan
dianggap ahli. Ini akan sangat berguna untuk bisnis Anda. Suatu saat Anda memerlukan sesuatu akan lebih
mudah.
Jangan
sekali-kali melakukan SPAM. Saya melihat banyak pebisnis pemula yang melakukan SPAM dengan cara
bergabung dengan komunitas besar kemudian dia mengirimkan link promosi. Jangan lakukan seperti itu,
sebab kredibilitas Anda akan
turun dimata orang.
Luangkan
waktu setiap hari untuk aktif di berbagai komunitas. Anda bisa bertanya, menjawab, atau
mengirimkan sesuatu. Memang diperlukan konsistensi dan kesabaran. Namun hasilnya
akan membayar. Hasil yang akan dapat akan jauh lebih besar dibandingkan Anda melakukan SPAM. Mungkin Anda
akan mendapatkan
1 atau 2 penjualan tetapi setelah itu Anda bisa diblok atau dibenci orang. Namun jika Anda
bersikap seperti warga yang baik, Anda akan mendapatkan peluang yang lebih baik.
Tujuan
aktif di komunitas ialah untuk mendapatkan respek dan kepercayaan dari orang lain di komunitas
tersebut. Hal ini bisa Anda dapatkan jika Anda memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi komunitas
secara konsisten dan terus
menerus.
Rahasia #5: Kreatif
Anda
akan dituntut untuk terus aktif, baik pada group maupun halaman Anda sendiri maupun aktif di
komunitas. Suatu saat Anda bisa kehilangan ide “mau melakukan apa”. Untuk itulah
dituntut kreativitas tinggi agar Anda tetap eksis. Agar halaman dan group Anda
tetap segar memberikan manfaat bagi audiens Anda.
Langkah
awal sikap kreatif dimulai dengan bahan baku. Bahan baku itu ialah informasi. Jadi jangan malas
untuk terus mengupdate informasi agar Anda tidak kehabisan ide. Teruslah membaca buku, membaca ebook,
artikel, dan sebagainya sehingga
Anda tidak kehabisan ide.
Saat
Anda memiliki sebuah halaman, agar halaman Anda terus aktif dan berkembang, Anda harus rajin
mengirimkan status, catatan, maupun link yang bermanfaat. Dengan cara itu halaman Anda akan terus
berkembang secara viral.
Ikuti
juga halaman-halaman orang lain. Anda akan banyak menemukan ide untuk halaman Anda. Bukan berarti
menjiplak, tetapi inspirasi yang bisa Anda lakukan untuk halaman Anda.
Semakin
kreatif Anda, akan semakin cepat pertumbuhan halaman Anda.
Rahasia #6: Berpikir Seperti Pembaca
Saat
Anda akan mengirimkan sesuatu di halaman atau di group, pikirakan apa yang akan dipikirkan oleh
pembaca. Kira-kira bagaimana reaksi mereka. Mungkin bakal ada yang marah,
tersinggung, mendukung, memunculkan perdebatan, dan sebagainya. Kemungkinan itu
harus diantisipasi sejak awal supaya Anda siap.
Atau
jika sekiranya akan membawa akibat yang buruk, sebaiknya batalkan saja. Dari pengalaman, Anda akan
mengetahui kiriman-kiriman seperti apa yang disukai atau tidak. Kiriman seperti
apa yang memungkinkan memunculkan salah pengertian, termasuk kiriman seperti apa yang akan
menjual. Semuanya akan ditentukan
oleh target pasar Anda dan topik bahasan Anda.
Jangan
karena merasa benar, Anda boleh mengirimkan sesuatu dengan bahasa yang seenaknya. Tujuan baik
dengan bahasa yang tidak baik bisa menimbulkan sesuatu yang tidak baik yang akhirnya akan menjadikan
halaman atau group Anda ditinggalkan.
Salah
satu yang perlu dihindari ialah perdebatan tidak berujung. Bagaimana pun kita merasa benar, akan
selalu ada orang yang membantah, meski pun dengan bantahan bodoh atau bantahan kosong. Justru orang macam
ini tidak akan pernah
berhenti untuk berdebat. Jadi hindari kiriman yang akan mengundang perdebatan. Jika terjadi stop
sesegera mungkin.
Kenapa
harus menghindari perdebatan? Perdebatan tidak akan menghasilkan penjualan tetapi akan
menguras energi dan waktu Anda. Perdebatan adalah sesuatu yang tidak produktif di facebook. Fokuslah mengirimkan
sesuatu yang bermanfaat
dan menjual.
Rahasia #7: Komunikatif
Facebook
adalah media untuk komunikasi. Pemasaran, promosi, dan menjual adalah komunikasi juga. Maka
syarat sukses pemasar di facebook adalah harus komunikatif. Artinya harus mampu berkomunikasi dengan
baik.
Komunikatif
bukan berarti segala ditulis, bahkan menuliskan hal-hal yang tidak perlu. Komunikatif adalah
mampu menyampaikan pesan sedemikian hingga penerima pesan mampu menerima maksud pesan tersebut.
Sepertinya mudah. Tetapi
karena audien berasal dari berbagai kalangan, kesalahan pengertian mungkin saja terjadi.
Salah
satu keterampilan yang dimiliki oleh orang yang komunikatif ialah mampu “mendengarkan” audiens. Dalam
dunia facebook, tentu saja yang disebutkan mendengarkan ialah dengan membaca tulisan-tulisan audiens,
kemudian dipahami,
dan Anda mengirimkan pesan sesuatu dengan bahasa mereka.
Luangkanlah
waktu untuk membaca komentar-komentar audiens Anda. Jika perlu catat jika ada sesuatu yang
perlu di catat.
wah infonya bagus sob..
BalasHapussangat bermanfaat & lengkap lagi..
makasih ya :)
salam kenal :)
#Happy BLogging :D
wah sangat bagus bisa ditiru neh
BalasHapusmakasih infonya,
BalasHapusTerima kasih atas ilmunya yang telah dishare kepada kami,semoga saja bisa kami implementasikan dalam dalam media sosial facebook,dan banyak disukai oleh banyak orang.
BalasHapusKeren nih, simpel tapi gampang buat diterapkannya, makasih banyak ilmunya.
BalasHapus