Minggu, 20 Mei 2012

Facebook sebagai media promosi


Siapa yang tak kenal facebook, sebagai salah satu jejaring social facebook merupakan yang terpopuler. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan product kita. Tapi hanya sedikit yang mengetahui manfaat facebook sebagai mediapromosi.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memanfaatkan facebook menjadi sebuah media promosi

Membangun dan Memanfaatkan Group
Dalam facebook ada fasilitas yang disebut dengan group. Banyak pebisnis yang mencoba menjual produk atau jasanya dengan membuat group. Bisa dan boleh-boleh saja, meski bukan hanya itu manfaatnya.

Group sebenarnya lebih kepada komunitas orang-orang tertentu yang memiliki minat yang sama. Oleh karena itu manfaat group facebook :


1.      Mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan teman tertentu atau memiliki kesamaan. Bisa kesamaan profesi, hobi, masalah, dan sebagainya. Tentu saja ini bisa menjadi pasar yang tertarget.
2.      Jaringan untuk berbagi info dan kerja sama dengan Anda.
3.      Alat viral marketing. Saat sebuah group menarik dan bermanfaat, group tersebut akan berkembang dengan sendirinya.
4.      Group juga bisa digunakan sebagai group master mind beserta mitra bisnis anda. Anda bisa membuat sebuah group rahasia yang hanya bisa diakses oleh member saja. Hal ini sangat bermanfaat untuk mendiskusikan sesuatu yang bersifat rahasia.
5.      Group juga bisa digunakan sebagai alat riset pasar. Anda bisa meneliti diskusi dan posting member sehingga Anda mengetahui masalah apa yang sedang berkembang dan menjadi peluang bagi Anda.
6.      Group bisa digunakan untuk mendapatkan kontak bisnis Anda. Apakah Anda perlu desainer, perlu suplier, perlu distributor, dan sebagainya.

Jika Anda mengharapkan manfaat no 2 sampai 6, Anda bisa memanfaatkan group yang sudah ada dan Anda tinggal aktif di dalamnya. Ingat Anda perlu berkomunikasi dengan baik, jangan menjadi pengganggu, dan menjadi warga yang baik. Jika tidak, Anda bisa ditendang dan tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan. Bertanyalah dengan baik, berikan bantuan, dan jawablah pertanyaan orang lain dengan baik

Untuk manfaat nomor satu, yaitu sebagai pasar tertarget, maka seharusnya anda membangun group sendiri

Membangun Halaman
Apa itu halaman? Masih banyak pebisnis yang belum sadar dengan kekuatan halaman. Awalnya saya hanya membangun group, namun setelah berdiskusi dengan teman, bahwa halaman memiliki kelebihan tertentu untuk bisnis. Dan memang disediakan oleh facebook untuk tujuan bisnis

Salah satu kelebihan halaman ialah terindex oleh search engine. Sehingga dengan membuat halaman, kita pun sekaligus melakukan promosi di search engine. Memiliki halaman dengam Google PR 5 jauh lebih mudah dibandingkan dengan blog atau website. Jadi bagi Anda yang bingung dengan SEO, Anda masuk melalui halaman facebook.

Kelebihan lain halaman dibandingkan dengan group ialah bisa memasukan FBML (Facebook Markup Language), yaitu bagaimana Anda memasukan kode HTML ke facebook. Dengan FBML Anda bisa memasukan opt-in, sales letter, dan sebagainya.

Halaman facebook bisa memiliki member tidak terbatas. Bisa sampai puluhan juta member. Bayangkan saat Anda memiliki halaman dengan jumlah member sebesar itu. Itu adalah pasar yang lebih besar dari sebuah kota, bahkan negara..

Sebagai contoh adalah Starbuck memiliki member 15.000.000 lebih. http://www.facebook.com/Starbucks Jumlah ini lebih banyak dibandingkan penduduk provinsi DKI dan 5 kali lipat dibandingkan negara Singapura.

Kelebihan ketiga dari halaman facebook ialah bisa diintegrasikan dengan aplikasi. Sementara banyak aplikasi yang mendukung untuk pemasaran atau memudahkan pekerjaan. Sebagai contoh adalah Anda bisa mengintegrasikan halaman facebook dengan twitter

2 komentar:

  1. kREN SOB ARTIKELNYA. fACEBOOK EMANG SALAH SATU ALAT MEDIA PROMOSI YANG SANGAT AMPUH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas, sorry baru bales karena baru aktif ngblog lagi

      Hapus