Senin, 02 April 2012

Cara menghafal Al-Qur’an ala Yusuf Mansur


As’salammualaikum Wr. Wb.
Bagi setiap orang musilim, Al-Qur’an adalah sebuah kitab suci yang dijadikan patokan atau petunjunk dalam menjalani hidup, dan hampir setiap umat muslim adalah penting untuk dapat menghafalkan dan memahami ayat-ayat dalam Al-Qur’an. Ini adalah salah satu cara menghafalkan Al-Qur’an ala Ustd Yusuf Mansur.
Siapa yang tak mengenal Ustd Yusuf Mansur…?? Beliau adalah salah  ulama terkenal di Indonesia, beliau juga Pendiri Pondok Pesantren Darul Qur’an dan pencetus ide program PPPA Darul Qur’an (Program Pembibitan Penghafal Qur’an) dan salah satu metode yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Qur’an adalah menghafal Qur’an dengan cara One Day One Ayat (Satu Hari Satu Ayat).

Kita ambil contoh Surah Yasin Surah ke 36 dengan jumlah ayat 83 ayat. Kalau kita mencoba untuk menghafal 83 ayat dalam jangka waktu cepat, keliatannya berat banget, saya sudah mencoba untuk peraktek, tetapi kalau 1 hari kita menghafalkan 1 ayat, maka butuh waktu 83 hari, lama….???? Mamang lama, tapi lebih mudah buat saya. Dalam waktu kurang dari 3 bulan kelar dach. Gimana caranya. 


Hari Pertama :
Setiap hari kita hafalkan 1 ayat. Ayat pertama dari Surah Yasin adalah
YASINN….
Nach ayat ini kita pake disholat sunah, baik itu qobliah, badiah, sholat hajat, sholat duha, sholat tahajut dll.
Contoh    : Rokaat pertama setelah kita baca Surah Al-Fateha kita lanjutin baca ayat ini
                 Rokaat ke dua setelah baca Surah Al-Fateha kita baca  lagi nich ayat.
“loh berarti YASIIN-nya dibaca dua kali dong…???”
Yach gak apa-apa, toh namanya juga belajar. 

Hari Kedua :
Hari kedua kita hafalin nich ayat keduanya
WAL QURANIL HAKIM
Nach kalau ayat yang ini kita sudah hafal mulai enak dach. Rokaat pertama setelah kita baca Surah Al-Fateha kita lanjut dengan Surah Yasin Ayat pertama YASINN
Rokaat kedua setelah baca Surah Al-Fateha kita bca nich surah Yasin ayat kedua WAL QURANIL HAKIM.

Nach kalau udah 7 hari baru bener-bener enak sholatnya. Rokaat pertama setelah Surah Al-Fateha kita baca surah Yasin dari ayat 1 sampai ayat 4

Rokaat kedua setelah Surah Al-Fateha kit abaca Surah Yasin dari ayat 5 sampai ayat 7

Inilah sedikit ilmu yang saya peroleh dari mp3 ceramah Ustd Yusuf Mansur. Semoga dengan adanya sedikit ilmu ini bias menjadi jalan yang menolong kita di akherat nanti.

Apa bila ada kesalahaan itu semata-mata kesalahaan saya, karena kesempurnaan adalah milik Allah Swt semata. Semoga postingan ini bias bermanfaat buat kita semua.


5 komentar:

  1. siip, aku akan praktekin..

    oya, bannermu dah aku pasang sob

    BalasHapus
  2. Insyaallah sukses yach sob
    thank's udah masang bener ane

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. InsyaAllah jika ada niat dan kemauan pasti ada jalan. bukannya Allah selalu memudahkan segala sesuatu yang baik.
      saya yakin pasti bisa

      Hapus